Penelitian : Pengertian dan Metode

Pengertian Metode penelitian adalah langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi pada data yang telah didapatkan tersebut. Metode penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian yang meliputi antara lain: prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan dengan langkah apa data-data tersebut diperoleh dan selanjutnya diolah dan dianalisis.

Dalam pembahasan kali ini, pertama-tama kami coba menjelaskan terlebih dahulu tujuan penelitian, pengertian tentang metode sebuah penelitian termasuk pengertian metode penelitian menurut para ahli/pakar. Dan yang terakhir adalah kita jelaskan contoh metode dari penelitian. Maksudnya ialah bahwa pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penelitian. Dan selanjutnya akan kami jelaskan macam-macam metode tentang penelitian secara terperinci.

Secara teoritis, tujuan penelitian merupakan usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal. Pengetahuan yang diperoleh dari jenis penelitian seperti ini tidak dapat dimanfaatkan secara langsung atau secara praktis. Sehingga nama lain dari penelitian seperti ini disebut sebagai basic research.

Sedangkan secara praktis, tujuan penelitian ini ialah mencari serta menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut juga dengan applied research.

Menurut para ahli, selain tujuan praktis diatas, masih ada beberapa tujuan penelitian praktis lainnya yaitu antara lain di bawah ini:

Tujuan eksploratif artinya ialah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya. Misalnya adalah penelitian yang pada akhirnya menemukan teori baru bahwa ekstrak mangga dapat menurunkan kadar kolesterol. Dimana sebelumnya belum pernah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.

Tujuan verifikatif merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menguji atau membuktikan kebenaran dari pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Misalnya penelitian yang membuktikan apakah benar mentimun dapat menurunkan tekanan darah manusia. Dimana sebelumnya telah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.

Yang terakhir adalah tujuan pengembangan, yang artinya adalah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan mengembangkan atau menggali lebih dalam lagi dari pengetahuan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misalnya tentang penelitian mentimun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Teori tentang hal tersebut sudah ada. Namun disini peneliti mengembangkan lagi penelitian yang bertujuan untuk menilai seberapa besar atau efektifkah mentimun tersebut dapat menurunkan tekanan darah manusia pada berbagai kelompok umur.

Pengertian-Penelitian-Adalah.jpg?fit=700%2C360&ssl=1
Sumber Gambar : i0.wp.com

Soerjono Soekanto mendefinisikan penelitian sebagai suatu kegiatan ilmiah yang didasarkan pada konstruksi dan analisis yang dilakukan secara metodologis, sistematis, terurut, dan konsisten yang bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran suatu isu sebagai suatu manifestasi keinginan manusia yang bertujuan untuk mengetahui apa yang sedang terjadi.

Soetrisno Hadi mengungkapkan bahwa, penelitian ialah usaha atau tindakan dalam menemukan sesuatu untuk melengkapi kekosongan atau kekurangan yang ada, mengkritisi dalam apa yang telah ada, mengembangkan, memperluas, serta menguji kebenaran dari apa yang telah ada namun kebenarannya masih diragukan sehingga dibutuhkan suatu penelitian untuk menghilangkan keraguan.

Woody mendeskripsikan penelitian sebagai metode untuk menemukan suatu ide atau pikiran yang kritis. Penelitian ini meliputi penginputan definisi dan redefinisi terhadap masalah, membuat rumus hipotesis atau membuat uji coba yang sangat teliti mengenai kesimpulan yang ditetapkan dalam menentukan apakah kesimpulan tersebut sudah sesuai dengan hipotesis.

Parson mendefinisikan penelitian merupakan suatu pencarian atas segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencarian tersebut dilakukan pada isu atau masalah-masalah yang dapat dipecahkan dan ditemukan solusi terbaik melalui penelitian.

Mengutip dari ungkapan beberapa ahli yang sudah dipaparkan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan secara umum mengenai definisi penelitian adalah metode, cara, kegiatan, yang dilakukan berdasarkan urutan yang sistematis, metodologis, dan konsisten terkait suatu isu atau masalah guna menemukan solusi dimana dalam proses pencarian tersebut dilakukan berdasarkan fakta yang ada.

Penelitian ilmiah adalah serangkaian pengamatan, pengumpulan data, dan analisis yang saling berkaitan atau sistematis satu sama lain terkait suatu isu baik berupa isu sosial maupun alam dimana dalam proses penelitian tersebut lebih mengedepankan apa yang terjadi sebenarnya guna menemukan solusi terbaik dalam pemecahan masalah isu tersebut.

Penelitian pendidikan dan sosial adalah penelitian yang dilakukan pada tingkat pendidikan dan lingkup sosial masyarakat Fenomena sosial sangat berbeda dengan fenomena alam. Jika fenomena alam bisa diteliti hanya sekali atau duakali saja, namun fenomena sosial akan terus berubah dan memiliki nilai yang abstrak. Artinya fenomena sosial tidak dapat di jelaskan dengan nilai.

Dalam dunia pendidikan, penelitian yang digunakan juga berbasis pada penelitian sosial. Dikarenakan dunia pendidikan tidak ubahnya dengan dunia sosial yang selalu berubah-ubah. Meneliti fenomena sosial membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan jika seorang peneliti ingin mengetahui secara rinci terkait suatu isu sosial maka mereka harus terjun langsung di dalam masyarakat yang diteliti.

Kondisi bahwa fenomena sosial tersebut selalu berubah-ubah menyebabkan data yang dihasilkan oleh sebuah penelitian selalu berbeda. tidak hanya itu, cara pandang peneliti juga memengaruhi hasil akhir data. Setiap individu memandang fenomena sosial secara berbeda tergantung bagaimana mereka beradaptasi dalam lingkungan masyarakat tersebut ketika melakukan penelitian.

Metode penelitian adalah prosedur, alat, tekhnik, atau cara bagaimana data dalam penelitian tersebut didapatkan. Metode penelitian berfungsi untuk memudahkan para peneliti dalam menemukan data yang valid dengan cara yang sudah tersusun berdasarkan urutan yang sudah dibuat sebelumnya. Secara universal metode penelitian dibagi menjadi dua yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif.

Metode kuantitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan pertanyaan atau lembar quisioner yang dibagikan kepada variabel. Dalam penelitian kuantitatif, variabel harus lebih dari 1 karena hasil merupakan voting atau kumpulan pendapat dominan mengenai sesuatu isu yang ingin diteliti. Data yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif tersebut berupa value yang dapat dihitung atau angka.

Metode kualitatif yaitu metode penelitian dimana peneliti terjun langsung ke dalam suatu fenomena dan mengamati dan mengkritisis secara langsung pola fenomena tersebut. bisa juga dengan melakukan sesi tanya jawab dengan seseorang atau sekumpulan orang yang ahli mengenai suatu fenomena yang akan diteliti. Penelitian kualitatif bisa menggunakan lebih 1 variabel atau lebih.

Pengertian-Penelitian-dan-Metode-Penelitian.jpg
Sumber Gambar : jagad.id

Adapun pembagian metode penelitian secara lebih spesifik berdasarkan sifat isu atau masalahnya yakni :

1. Penelitian historis yakni penelitian yang bertujuan mengamati suatu isu atau kejadian dimasa lampau dimana isu tersebut hingga kini belum terselesaikan.

2. Penelitian deskriptif yakni penelitian yang bertujuan menjelaskan secara deskripsi atau sistematis mengenai suatu isu atau fenomena yang terjadi sehingga masyarakat memahami isu atau fenomena tersebut.

3. Penelitian perkembangan dimaksudkan untuk menganalisis perkembangan suatu isu dari waktu ke waktu. Penelitian ini lebih mengedepankan perubahan dalam konteks waktu.

4. Penelitian kausal-komparatif ialah penelitian yang menganalisis terkait sebab akibat suatu isu dan membandingkan dengan isu lainnya.

5. Penelitian eksperimental sungguhan bertujuan menyelidiki sebab dan akibat suatu itu tersebut dengan melakukan kendali atau kontrol secara penuh

6. Penelitian eksperimental semu bertujuan mengkaji suatu kemungkinan akan tetapi terkendala oleh sesuatu hal sehingga kontrol atau kendali secara penuh tidak dapat dilakukan.

7. Penelitian korelasional yakni penelitian yang dilakukan untuk memahami seberapa jauh atau dekat hubungan antara faktor-faktor penyebab sebuah fenomena berdasarkan koefisien korelasi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya di rumah. Demikian telah dijelaskan sedikit tentang penelitian. Silahkan anda kembangkan artikel ini dan coba terapkan dalam tugas akhir perkuliahan anda. Semoga sukses dengan penelitian anda.

Berikut ini adalah beberapa istilah yang perlu diketahui :

Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat sketsa dan gambar yang biasanya menunjukan suatu kualitas tertentu.

Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data yang diangkakan, biasanya berbentuk statistik.

Data diskrit (data nominal) adalah data yang hanya dapat digolong-golongkan secara trepisah, secara diskrit atau kategori.

Data kontinum adalah data yang bervariasi menurut tingkatan dan diperoleh dari hasil pengukuran.

Ordinal adalah data yang berbentuk rangking atau peringkat.

Rasio adalah data yang jaraknya sama.

Variable adalah atribut seseorang atau objek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau satu objek dengan objek yang lain, atau kegiatan tertentu yang memiliki variasi tertentuyang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya. Jenis-jenis variable dapat dibedakan menjadi variabel independent/ variabel bebas, variable dependent/variabel terikat, variable moderator, variable intervening, dan variable control.

Interval adalah data yang jaraknya sama tetapi tidak mempunyai nilai 0 (nol) mutlak.

Daftar pustaka :
WWW.STATISTIKIAN.COM
JAGAD.ID
WWW.GURUPENDIDIKAN.CO.ID

This entry was posted in ARTIKEL and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *